Tentang JM (Jari Mulia)

0 comments

Semakin hari angka penyebaran virus HIV AIDS di Indoesia semakin melesat tinggi, ini tentunya mengundang keprihatinan dari berbagai pihak, termasuk keperihatinan kita sebagai kaum muda. Berangkat dari keprihatinan inilah, terlintas ide dari beberapa mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadyah Yogyakarta untuk membentuk sebuah komunitas, yang mana komunitas ini akan menjadi wadah bagi remaja dan kaum muda khususnya mahasiswa Fakultas kedokteran yang konsen dan memiliki kepedulian terhadap laju penyebaran HIV AIDS terutama di Yogyakarta. Tak bisa dipungkiri bahwa remaja dan kaum muda dengan usia produktif yakni 19-29 tahun merupakan kelompok tertinggi yang terinfeksi penyebaran virus HIV. Kurangnya sarana edukasi dan penyampaian informasi tentang HIV AIDS kepada remaja dan kaum muda,  merupakan salah satu faktor penyebab angka penyebaran virus ini melesat tajam.

Disamping itu, minimnya lembaga dan komunitas yang menaungi serta menjadikan remaja sebagai objek preventif HIV AIDS ini juga menjadi faktor pendukung. Antusias dan solidaritas kaum muda yang peduli HIV AIDS juga menjadi latar belakang terbentuknya komunitas ini.  Bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia, yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2006, Jaringan Muda Peduli HIV AIDS terbentuk. Dan pada 26 Januari 2007, komunitas dengan nama JARI MULIA (Jaringan Muda Peduli HIV AIDS) ini diresmikan dengan Dekan Fakultas Kedokteran UMY sebagai Dewan Pelindung. Dan komunitas ini berada dibawah naungan Lembaga Majelis Kesehatan dan kesejahtraan Muhammadiyah. Komunitas yang pada awal terbentuknya hanya terdiri dari 11 orang anggota ini memiliki fokus kegiatan yakni pencegahan penyebaran virus HIV AIDS melalui metode edukasi dengan penyuluhan dan pendampingan kepada remaja dan kaum muda. Pendampingan ini berupa pemberian materi dan informasi mengenai kesehatan reproduksi dan HIV AIDS ke sekolah sekolah, dimana JARI MULIA telah memiliki beberapa sekolah sekolah bimbingan, baik SMP dan SMA. 

Disamping itu, JARI MULIA juga melakukan advokasi, yang secara aktif ikut memperjuangkan isu isu yang berhubungan dengan kesehatan dan juga terlibat dalam pembuatan perda HIV AIDS di Yogyakarta. Keanggotaan JARI MULIA bersifat terbuka, yang berarti siapa saja dapat bergabung dalam komunitas ini. Sedangkan untuk kepengurusannya sendiri, masih dijalankan oleh mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Komunitas Jari Mulia memiliki visi ‘mencetak generasi muda bersolidaritas dan berpengetahuan tinggi terhadap HIV AIDS’. Untuk mewujudkan visi ini, Jari Mulia memiliki beberapa divisi dalam keanggotaannya.

Devisi Pendampingan dan Advokasi
®     Melakukan pendampingan dan advokasi terhadap remaja
®     Berjejaring dg lembaga lain,lobby, hearing dan kampanye serta ikut aktif dalam isu HIV AIDS

DevisiPenelitian dan pengembangan.
®     Melakukan kajian maupun riset dan aplikasi teknis  penanggulangan dan isu-isu ttg HIV AIDS

Devisi PUSDIKLAT.
®     Melakukan pelatihan dan penyuluhan ke sekolah sekolah, Karang Taruna dan PTN/PTS di Yogyakarta
®     Membuat MATERI yang akan di sampaikan
®     Menyusun Scedule kegiatan
®     Mengadakan Workshop & seminar

Devisi humas.
®     Melakukan publikasi terhadap hasil kegiatan , rencana program dan kerjasama dengan Instansi maupun lembaga yang terkait dengan program yang akan dilaksanakan.
®     Membuat Persrelease, publikasi radio, televisi, internet, aktif e-mail dan mailist.

Dan bagi teman teman yang merasa tertarik dan peduli terhadap penyebaran HIV AIDS, khususnya di Yogyakarta, JARI MULIA siap merangkul dan membuka kesempatan untuk bergabung didalam komunitas ini. Dengan prevalensi penyebaran HIV AIDS terhadap remaja dan kaum muda yang terus meningkat, sudah sepantasnya kita peduli dan memerangi penyebaran virus HIV AIDS. Karena jika bukan kita, sebagai remaja dan kaum muda yang peduli terhadap penyebaran HIV AIDS, maka tak akan banyak yang bisa dilakukan bangsa ini mengingat kemajuan suatu bangsa berada di tangan generasi mudanya.

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2013 Jari Mulia
Blogger Template by Make you smile